Search

Content

Thursday, March 29, 2012

PMR

Hey...
hehehehe lagi geje nih. Mau nulis apa juga bingung. Tapi tiba-tiba dapat ide dari comment-comment di Facebook.



Well, ini soal bagian hidup gue yang lain. Gue mau cerita dari awal aja. Gak papa deh panjang. Mumpung jari lagi fresh buat ngetik. Bagian hidup gue sebagai seorang Palang Merah Remaja. Tau Palang Merah kan? Kalo di Indonesia ya namanya Palang Merah Indonesia. Gue udah pernah cerita dikit soal ini. Soal jabatan gue yg bentar lagi akan berpindah tangan.

Oke dari awal...
Udah sekitar 3 tahun lebih gue ikut organisasi ini. Awalnya dari ikut Ekskul di SMP. SMP kelas 3 mulai ikut dan tertarik banget dengan hal-hal menolong orang. Walaupun gak pernah menolong orang secara langsung sih. Paling tinggi tolong orang yang lecet-lecet aja ato yang pusing-pusing dikit aja. Beranjak ke SMA gue ngelanjutin lagi karir sebagai PMR.

Pas SMA semuanya rasanya lain. PMR jadi lebih menyenangkan. hahahaha jujur lho! Beda dengan SMP, semuanya masih terisolasi dengan guru-guru. Kalo di SMA yang ngajar itu alumni-alumni dan beberapa senior-senior. Serunya lagi selesai materi, kita uji materi. Buat siapa yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar dapat imbalan kayak cokelat! Itu yang bikin gue betah di PMR. Tapi, bukan berarti gue masuk PMR cuma buat sebatang cokelat doang ya. Gue murni dan tulus dari hati pengen ikut PMR. Memang sih awalnya cuma coba-coba, alasan klasik lah cari pengalaman.

Selama ikut oraganisasi ini gue selalu berusaha untuk serius di setiap pemberian materi, ya walopun gue jarang banget bikin catatan. Tapi kalo lagi praktek gue selalu perhatiin baik-baik apa yang diajarin. Jadi, kalo di tanya praktek gue bisa deh jawab walopun mungkin agak melenceng dari prosedur, hahaha. Kalo ditanya hafalan-hafalan, nah gue bingung tuh!!

Banyak kegiatan yang melibatkan PMR, tapi jujur gue paling malas kalo ada kegiatan. hahaha gak tau kenapa. Tapi gue selalu rajin kalo ada Persami atau camp. Kelas 1 gue ikut Persami atau perkemahan sabtu minggu, kelas dua ikut Camping di Kamanta (semacam kampung di Manado) dan yang barusan minggu lalu gue ikut di Koka. Mungkin kalian gak tau itu tempat ada dimana.. ya cuma di Manado. Semuanya fun banget! Ya walopun terkadang senior-senior nya galak-galak, tapi gue tau itu demi kebaikan bersama alias mendisiplinkan para junior nya.

Setelah hampir setahun ikut PMR gak tau kenapa selesai camp dari Kamanta semuanya jadi lain. Lho? Gak berubah sih, sama aja sebenarnya. Tapi ini yang bikin gue ngerasa aneh. Setelah camping dari Kamanta itu, diadakan pemilihan Pengurus baru. Gue sih awalnya santai aja, karena gue dengan yakinnya dan PD nya berpikir dan merasa bahwa gue gak akan jadi apa-apa. Gue cuma mikir, paling gue jadi seksi perlengkapan ato apa kek yang pasti gak terlalu menonjol. Ternyata Kehendak Tuhan berkata lain. Gue justru terpilih sebagai orang yang paling dapat sorotan, yaitu Ketua PMR.

Saat itu gue benar-benar gak percaya. Gue masih gak yakin dengan yang gue saksikan saat itu. Saat junior-junior gue dan teman-teman gue kompakan nyebutin nama gue buat jadi ketua. Rasanya diri ini mau buang ke laut aja. Kalo bisa laut mati! Becanda! Saat itu gue berusaha untuk nolak. Tolak banget! Bukan karena gue gak mau atau apa. Siapa coba yang gak mau jadi ketua PMR?? Tapi gue benar-benar gak PD dengan kepercayaan dan tanggung jawab yg besar pada embel-embel itu. Gue ngerasa teman-teman gue yang lain masih lebih pantas dari gue yang cuma bisa becanda ini. Gue benar-benar merasa gak ada darah ketua sama skali. Gue takut gue cuma bakal kecewain semua orang kalo jadi ketua.

Tapi gak tau kenapa saat itu mereka semua kayak yakin banget kalo gue cocok jadi ketua. Gue gak tau apa mereka tulus milih gue ato cuma ngelantur waktu milih gue. Tapi yang jelas waktu itu matanya mereka itu kayak meng-instruksikan gue untuk tetap terima itu jabatan. Begitu juga teman-teman gue. Tapi, gue tau ada kok yang gak senang. Walopun gue gak tau siapa itu. Well, pada akhirnya gue terima keputusan mereka dngn lapang dada. Siap gak siap harus siap!

Selama masa kepemimpinan gue gak ada yang spesial. Itu yang gue sesalin. Semua rencana yang ada cuma jadi memori yang gak jelas di pikiran masing-masing pengurus yang lain. Dan ternyata benar aja pikiran awal gue soal jabatan ketua. Gue kecewain mereka. Memang mereka gak pernah bilang mereka kecewa ato gak ke gue. Tapi gue bisa liat dari mata-mata mereka, begitu juga para alumni. Para alumni selalu berusaha bantu dan kontrol para pengurus. Tapi gue tetap gak bisa bikin mereka bangga. Gue gak bisa bikin mereka bilang "salut sama lu, karena udah mempertahankan organisasi ini." Gue akuin gue pernah ngebiarin organisasi berjalan sendiri dan gak jelas. Alias lepas tanggung jawab. Gue jujur nih. Gue lepas tanggung jawab ketika gue udah sibuk dengan dance. Lomba sana lomba sini bikin gue lepasin semua tanggung jawab gue ke pengurus yang lain.

Pengurus yang lain selalu bilang 'its ok, kita bisa handle kok.' Gue percaya aja sih. Tapi gue yang selalu kepikiran, 'gue ketua bukan sih?' Gue bahkan pernah berpikir untuk ngundurin diri. Tapi mereka selalu bilang gak usah. Memang sih gak ada gunanya. Kalo mau mundur yang harus mundur dari awal. Gue yang salah dari awal emang.

Sekarang pas mau lepasin jabatan gue jadi sedih. Gak tau kenapa. Sedih aja liat itu PMR kayaknya udah semakin maju di tangan orang lain alias junior gue. Mereka seperti lebih bisa banggain guru sama alumni ketimbang gue. Well, tiap orang emang beda-beda. Mungkin mereka memang lebih, tapi gue tau dalam masa kepengurusan gue, gue juga punya kelebihan. Walopun gue gak bisa bilang itu bisa banggain guru pembina sama alumni. aduuhh jadi pengen nangisss...

Tapi, selama gue jadi pengurus gue gak pernah resmi di lantik sebagai pengurus. Jadi kalo dipikir-pikir apa yang gue lakuin sebagai ketua itu ilegal! hahahahaha.... Tapi, walopun gitu gue selalu berusaha yang terbaik, walopun gue rasa gak ada satupun yang terbaik selama gue jadi ketua. Semuanya biasa aja dan datar-datar aja. Organisasi ini juga gak resmi di PMI pusat Manado. Jadi bisa dibilang kita berjalan tanpa arah dan tujuan. Materi nya aja cuma materi turun temurun yang gak berkembang. Sebenarnya salah satu misi gue sebagai ketua adalah daftarin organisasi ini ke PMI pusat, biar kita jadi organisasi resmi dibawah PMI. Tapi, gue mulai berpikir kalo gue udah gagal. Gagal total malah.

hmmm... mungkin sampe sini aja ocehan gak jelas gue. Sorry kalo udah terlalu jujur soal pengalaman pribadi gue. Well, gue cuma pengen sharing aja. Kali-kali aja bermanfaat. Dan.. untuk teman-teman PMR gue sorry ya atas segala yang udah gue lakuin. Gue tau selama ini gue GATOT sebagai ketua, tapi walopun begitu lu semua selalu mendukung gue. Thanks a lot!!!

Buat next generation... be better than me ya!!!

0 comments:

Post a Comment

eonleonie. Powered by Blogger.
daesung,kiss,big,eyes,happy,new,year,g dragon,heartbreaker,heart,apple,gara,go,bang,gun,pow,chick,lollipop,2,taeyang,top Welcome! to the .Side Of me.
This is my second blog! Containing all about my life.
Thank's for coming here, even you just a second in here. hahaha^^ Feel free to take something, but please take out with full credit! And Feel free to follow my blog too!

1st blog...
.Music In My Soul.

KPOP blog...
DATEforSuJu



Followers

About

My photo
Absolutely GOD's creature. For me there are 2 studios, dance studio and architecture studio | F2AM.PHent.Dn'B Crew | VIP